Karya Tulis Ilmiah



GAMBARAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN STIMULASI COOPERATIVE PLAY DI TK ANAK MUSLIM MALANG

Prodi : PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN MALANG
Pengarang : UMMI KHOIRIYAH
Dosen Pembimbing : Dr. Atti Yudiernawati, S.Kp, M.Pd
Klasifikasi/Subjek : , Anak Usia Prasekolah, Perkembangan Personal Sosial, Stimulasi
Penerbitan : , Malang: 2018.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Ummi Khoiriyah (2018). Gambaran Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah Sebelum dan Sesudah Diberikan Stimulasi Cooperative Play Di TK Anak Muslim Malang. Karya Tulis Ilmiah Studi Kasus, Program Studi DIII Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Pembimbing Dr. Atti Yudiernawati, S.Kp, M.Pd Usia pra sekolah adalah masa kritis anak dimana anak memiliki 4 aspek perkembangan salah satunya adalah aspek perkembangan personal sosial. Perkembangan personal sosial mempengaruhi perilaku anak hingga ia tumbuh dewasa, Cooperative play dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan perkembangan personal sosial anak. Tujuan penelitian yaitu untuk mengatahui perkembangan personal sosial anak sebelum dan sesudah di berikan stimulasi Cooperative Play. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan 2 subjek penelitian dengan usia 5 tahun 5 bulan dan 4 tahun 2 bulan yang yang dilakukan pada tanggal 7 Februari sampai 7 April 2018. Penelitian ini menngunakan modifikasi Kuisioner Masalah Perilaku dan Emosional (KMPE) dan Kuisioner Pra Skrining Perkembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun dalam kategori tidak sesuai tetapi subjek I mengalami peningkatan perkembangan personal sosial dari hasil pre test 70% menjadi 82%, sedangkan untuk subjek II dalam kategori tidak sesuai dan pengalami penurunan perkembangan personal sosial dari hasil pre test 58, 82 menjadi 52, 94. Perbedaan hasil ini dipengaruhi oleh faktor maturasi anak dan keterlibatan orangtua dalam mengasuh anak. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya adalah lebih jauh meneliti tentang peran orangtua dalam mengasuh anak terhadap tercapainys tugas perkembangan anak sesuai usianya dengan metode survey kepada anak yang berusia 4-6 tahun, sehingga masa emas perkembangan anak dapat optimal. Kata kunci: Anak Usia Prasekolah, Perkembangan Personal Sosial, Stimulasi



Lampiran

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]